1. Variabel
Cost adalah biaya yang secara total berubah secara proporsional terhadap
tingkat aktivitas.
2. Sunk
cost yaitu biaya yang telah terjadi dan tidak dapat diubah oleh keputusan
apapun baik saat ini maupun dimasa depan.
3. Perhitungan
harga pokok produksi adalah perhitungan yang menunjukkan bahan langsung, tenaga
kerja langsung, dan overhead pabrik yang terjadi selama satu periode dan
dibebankan ke barang dalam proses dan barang jadi.
4. Biaya
administrasi adalah seluruh biaya eksekutif, organisasional, dan klerikal yang
berkaitan dengan manajemen umum organisasi.
5. Common
cost adalah biaya yang dikonsumsi bersamaan oleh sejumlah objek biaya tetapi
tidak dapat ditelusuri secara individu.
6. Biaya
konversi adalah biaya tenaga kerja langsung ditambah dengan biaya overhead
pabrik.
7. Perilaku
biaya adalah suatu kondisi bagaimana biaya bereaksi terhadap tingkat aktivitas
bisnis.
8. Objek
biaya adalah sesuatu yang untuknya biaya dimaksudkan.
9. Harga
pokok produksi adalah biaya manufaktur yang berakitan dengan barang-barang yang
diselesaikan dalam periode tertentu.
10. Biaya
diferensial adalah perbedaan penghasilan antara dua alternatif.
11. Biaya
langsung adalah biaya yang dapat ditelusuri dengan mudah keobyek biaya
tertentu.
12. Tenaga
kerja langsung adalah tenaga kerja pabrik yang dapat ditelusuri dengan mudah
kemasing-masing unit produk.
13. Bahan
langsung adalah bahan yang menjadi bagian integral produk jadi dan dapat
ditelusuri dengan mudah ke produk.
14. Biaya
tetap adalah biaya yang selalu tetap secara total tanpa dipengaruhi oleh
tingkat aktivitas sejauh masih dalam cakupan yang relevan.
15. Incremental
cost dalah peningkatan biaya diantara dua alternatif.
16. Biaya
tidak tidak langsung adalah biaya yang
tidak dapat dengan mudah ditelusuri keobjek biaya tertentu.
17. Tenaga
kerja tidak langsung adalah biaya tenaga kerja seperti penjaga keamanan,
supervisor, tenaga penanganan bahan dan karyawan pabrik lainnya yang menjadi
bagian tidak terpisahkan dalam produk jadi.
18. Overhead
pabrik adalah semua biaya yang berkaitan dengan proses produksi selain bahan
langsung dan tenaga kerja langsung.
19. Biaya
marketing atau penjualan adalah biaya yang diperlukan untuk menangani pesanan
dari konsumen dan memperoleh produk atau jasa untuk disampaikan kepada
konsumen.
20. Oportunity
cost adalah manfaat potensial yang hilang akibat dipilihnya satu alternati dari
sejumlah alternatif yang tersedia.
21. Biaya
periodik adalah biaya yang diperhitungkan langsung dalam laporan laba rugi
sebagai beban dalam periode terjadinya; biaya tersebuit meliputi beban
administrasi dan pemasaran.
22. Prime
cost adalah biaya bahan langsung ditambah dengan biaya tenaga kerja langsung.
23. Biaya
produk adalah semua biaya yang diperhitungkan dalam pembelian atau produksi
barang.
24. Bahan
baku adalah bahan yang digunakan untuk membuat produk jadi.